Sabtu, 18 September 2010

Khasiat Tokek

Tahukah anda….Disinyalir Tokek memiliki zat atau enzim tertentu yang bermanfaat bagi kesehatan manusia karena dipercaya mampu mengatasi penyakit berbahaya. Enzim tersebut berada di darah, lidah, empedu dan kulit tokek yang sudah mencapai berat diatas 3,5 ons. Tokek dibawah 3,5 ons belum mempunyai enzim yang disebutkan di atas.

Berbagai informasi an literature mengatakan bahwa tokek sudah lama dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit gatal. Bagian yang digunakan adalah dagingnya, yakni dimakan dalam keadaan kering atau matang. Informasi terbaru mengatakan bahwa lidah tokek  dipercaya mampu mengurangi dampak dari penyakit AIDS dan menjadi obat anti tumor.

Penelitian tentang manfaat tokek ini telah dilakukan oleh para ahli kesehatan dan dokter-doktr di Cina. Salah satunya adalah Prof. Wang, seorang pakar ilmuwan yang berasal dari universitas Henan, Cina. Ia telah melakukan penelitian dan membuktikan bahwa zat aktif pada tokek mampu menginduksi sel-sel tumor apoptosis, yang membuat sel-sel tersebut menghancurkan dirinya sendiri dan meneka ekspresi protein bFGF dan VEGF, yakni senyawa yang mendukung perkembangan perkembangan kanker di dalam tubuh.

Selain itu, tokek juga diyakini mampu menjaga system kekebalan tubuh manusia dan menghilangkan tumor ganas secara alami. Bagian pangkal dari ekor tokek memiliki kemampuan regenerasi sel, sehingga dipercaya mampu memperbaiki sel tubuh yang rusak dan mengembalikan vitalitas, terutama untuk kaum pria. Tokek juga dipercaya untuk mengobati impotensi dan meningkatkan fungsi sexual. Jadi tidak aneh jika saat ini tokek menjadi salah satu komoditi ekspor.

Namun sayangnya belum banyak literatur tambahan yang dapat menunjang sebuah penemuan yang menakjubkan ini, sehingga kebenarannya belum bisa dipertanggungjawabkan secara medis. Sebab dari kalangan pakar kesehatan dan kedokteran duniapun belum memberitahukan secara resmi mengenai kebenaran khasiat dan manfaat tokek untuk mengobati berbagai penyakit.

Hanya saja, sebagian masyarakan di Indonesia, terutama yang tinggal di Jawa Tengah dan Jawa Timur, telah mengakui bahwa tokek dapat menyembuhkan penyakit kulit (dari jerawat hingga eksim) dan asma. Terbukti di sana banyak berdiri tempat makan, khusus menyediakan menu masakan dari tokek. Tak hanya itu di beberapa daerah tersebut sudah mengekspor tokek kering (berat hidup dibawah 2 ons) ke Cina.

(Diambil dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar